Info Terbaru 2022

Bimbingan Konseling - Pengertian, Fungsi, Syarat Dan Aplikasi Sosiometri Versi 4.0 Dan 5.0

Bimbingan Konseling - Pengertian, Fungsi, Syarat Dan Aplikasi
Sosiometri Versi 4.0 Dan 5.0
Bimbingan Konseling - Pengertian, Fungsi, Syarat Dan Aplikasi
Sosiometri Versi 4.0 Dan 5.0

Pengertian, Fungsi, Syarat dan Aplikasi Sosiometri versi 4.0 dan 5.0

Apa kabarnya rekan-rekan Konselor, pastinya baik-baik saja kan? Tidak lupa admin ucpakan terima kasih banyak kepada Para pengunjung  berkassekolah.com yang masih setia untuk update file, info dan tutorial seputar dunia pendidikan. Semoga selalu sehat dan sejahtera dalam setiap acara yang dijalani.

Pada kesempatan yang sangat baik ini pula admin akan mencoba membagikan salah satu file yang sangat mempunyai kegunaan untuk seorang Konselor yakni " Pengertian, Fungsi, Syarat dan Aplikasi Sosiometri versi 4.0 dan 5.0." Ada 2 ya Aplikasinya, ya benar sekali untuk kal ini khusus admin membagikan 2 file sekaligus berbentuk Aplikasi Microsoft Excel  Karya Bapak Drs. Mastur., Kons, yang tidak lain ialah seorang konselor senior yang sudah usang terjun dan menekuni bidang garapannya yakni Bimbingan Konseling.  Namun sebelum admin membagikan file ini, alangkah baiknya sanggup disimak dahulu mengenai Pengertian, Fungsi dan Syarat Sosiometri.

 Tidak lupa admin ucpakan terima kasih banyak kepada Para pengunjung  Bimbingan Konseling - Pengertian, Fungsi, Syarat dan Aplikasi Sosiometri versi 4.0 dan 5.0

Pengertian Sosiometri

Adalah pengukuran penerimaan dan penolakan, kesukaan dan ketidaksukaan, dan perasaan-perasaan lain yang terdapat antara para anggota suatu kelompok. Yang pertama kali memakai metode sosiometri ini ialah Moreno (1934). Caranya ialah dengan menanyakan – tentu secara belakang layar – kepada setiap anggota kelompok dengan siapa(-sia- pa) dari para anggota lainnya, ia akan suka atau justru tidak suka melaksanakan suatu kegiatan, atau tinggal bersama sekamar, dsb. Data-data yang terkumpul ibarat ini digunakan untuk membuat sosiogramnya. atau ;
Pengertian Lain Sosiometri
Sosiometri ialah alat untuk mengukur korelasi sosial dalam suatu kelompok, dimana yang bersangkutan anggota dalam kelompok tersebut. Sosiometri sempurna digunakan untuk mengumpulkan data mengenai korelasi sosial dan tingkah laris sosial individu. Gambar suasana korelasi sosial yang diperoleh dengan sosiometri di sebut Sosiogram.

Fungsi Sosiometri

  1. Berusaha menemukan pola-pola pilihan dan penolakan antar individu dalam kelompok,
  2. Memberi tafsiran hingga dimana adaptasi sosial individu dalam kelompok itu,
  3. Seleksi individu yang memerlukan konseling dan remedial work dalam kecakapan sosial.

Syarat Melaksanakan Sosiometri

Adapun syarat-syarat yang digunakan dalam melaksanakan Sosiometri ini diantaranya :
  1. Anak sudah saling mengenal dalam jangka waktu lama
  2. Sampel maksimal 40 orang
  3. Setiap penyajian harus sanggup membuat korelasi yang baik dengan peserta didik
  4. Hasil sosiometri di rahasiakan
  5. Dilaksanakan kelompok belajar, perubahan pasangan kawasan duduk, bimbingan kelompok
  6. Item soal harus terperinci dan jangan ambigius
  7. Dilaksanakan secara kontinyu/tiap 6 bulan satu kali
  8. Peserta tidak saling mencontoh
  9. Sebagai suplemen gunakan alat bantu untuk kebenaran
Baca juga : 
Untuk lebih terperinci dan meyakinkan anda dalam melihat isi dari Aplikasi Sosiometri versi 4.0 dan 5.0 bsia dilihat preview filenya dibawah ini :


Semoga menyebarkan file khusus untuk seorang konselor di Sekolah pada kesempatan kali ini sanggup benar-benar membantu meringankan setiap pekerjaan Bapak dan Ibu. Terima Kasih dan Semoga Bemanfaat. Untuk mendapat Aplikasi Sosiometri Versi 4.0 dan Versi 5.0.
Advertisement

Iklan Sidebar