Info Terbaru 2022

Buku Guru Ppkn Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Pdf

Buku Guru Ppkn Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Pdf
Buku Guru Ppkn Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Pdf
Berikut ini adalah Buku Guru PPKn Kelas 9 SMP/ MTs Kurikulum 2013 Revisi 2018 dalam Format PDF yang bisa di Download/ Unduh Gratis untuk Pegangan Guru di Sekolah/ Madrasah.

 Unduh Gratis untuk Pegangan Guru di Sekolah Buku Guru PPKn Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 PDF
Download Buku Guru PPKn Kelas 9 Revisi 2018 Kurikulum 2013 

Buku Guru PPKn Kelas 9 SMP/ MTs Kurikulum 2013 Revisi 2018 PDF

Berikut ini kutipan teks dari Isi Buku Pegangan Guru PPKn Kelas 9 SMP/ MTs Kurikulum 2013 Revisi 2018 :

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan sebagai mata pelajaran dimaksudkan untuk membentuk penerima didik menjadi insan yang mempunyai rasa kebangsaan dan cinta tanah air dalam konteks nilai dan budbahasa Pancasila, kesadaran berkonstitusi Undang–Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945, nilai dan semangat Bhinneka Tunggal Ika, serta kesepakatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dalam kurikulum 2013 pembelajaran difokuskan pada pencapaian tiga tingkat kompetensi, yaitu pengetahuan, keterampilan, dan perilaku yang dibelajarkan secara utuh. Pada mata pelajaran PPKn, pengembangan kompetensi tersebut mencakup seluruh dimensi kewarganegaraan, yakni: (1) perilaku kewarganegaraan termasuk keteguhan, kesepakatan dan tanggung jawab kewarganegaraan (civic confidence, civic committment, and civic responsibility); (2) pengetahuan kewarganegaraan; (3) keterampilan kewarganegaraan termasuk kecakapan dan partisipasi kewarganegaraan (civic competence and civic responsibility). Pembahasannya dilakukan secara utuh mencakup Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika.
Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dirancang berbasis aktivitas, dikaitkan dengan sejumlah tema kewarganegaraan, yang diperlukan sanggup mendorong penerima didik menjadi warga negara yang baik, melalui kepeduliannya terhadap permasalahan dan tantangan yang dihadapi masyarakat sekitarnya. Kepedulian tersebut, ditunjukkan dalam bentuk partisipasi aktif dalam pengembangan komunitas yang terkait dengan dirinya. Kompetensi yang dihasilkan bukan lagi terbatas pada kajian pengetahuan dan keterampilan penyajian hasil kajiannya dalam bentuk karya tulis, tetapi lebih ditekankan kepada pembentukan perilaku dan tindakan konkret yang harus bisa dilakukan oleh tiap penerima didik. Dengan demikian akan terbentuk perilaku yang cinta dan gembira sebagai bangsa Indonesia.

Buku ini merupakan panduan minimal bagi guru dalam membelajarkan penerima didik melalui pendekatan scientific dengan model pembelajaran Discovery Learning (DL), Problem Based Learning (PBL), dan Project Based Learning (PjBL). Di samping itu disajikan pula implementasi model-model pembelajaran alternatif bagi mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, sehingga pembelajaran yang disajikan sanggup lebih bermakna. Guru dituntut untuk berani mengembangkan pembelajaran melalui kreasi dan penemuan model-model pembelajaran yang ada sesuai dengan karakteristik mata pelajaran PPKn dalam bentuk kegiatan-kegiatan lain yang sesuai dan relevan bersumber pada lingkungan sosial dan alam sekitarnya.

Adapun Daftar Isi dari Buku Pegangan Guru PPKn SMP/ MTs Kelas IX (9) Revisi 2018 Kurikulum 2013 adalah sebagai berikut :
  • Dinamika Perwujudan Pancasila sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup Bangsa
  • Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
  • Kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia
  • Keberagaman Masyarakat Indonesia dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika
  • Harmoni Keberagaman Masyarakat Indonesia
  • Bela Negara dalam Konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia

    Download Buku Guru PPKn Kelas 9 SMP/ MTs Kurikulum 2013 Revisi 2018 PDF

    Selengkapnya mengenai Isi Materi dan Kelengkapan Buku Guru Mata Pelajaran PPKn SMP/ MTs Kelas IX (9) Kurikulum 2013 Revisi 2018 bisa dilihat dan Di Download/ Unduh melalui link dibawah ini :


    Download File :
    Buku Guru PPKn SMP/ MTs Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 PDF
    Itulah kiranya membuatkan dan share file Buku Guru PPKn Kelas 9 SMP/ MTs Kurikulum 2013 Revisi 2018 PDF pada kesempatan kali ini, Semoga bermanfaat.
    Advertisement

    Iklan Sidebar