Info Terbaru 2022

Buku Guru Matematika Smp/ Mts Kelas Ix (9) Kurikulum 2013 Revisi 2018

Buku Guru Matematika Smp/ Mts Kelas Ix (9) Kurikulum 2013 Revisi 2018
Buku Guru Matematika Smp/ Mts Kelas Ix (9) Kurikulum 2013 Revisi 2018
Berikut ini adalah Buku Guru Matematika SMP/ MTs Kelas IX (9) Kurikulum 2013 Revisi 2018 dalam Format PDF yang bisa di Download/ Unduh Gratis.

 Berkat kuasa Allah SWT penulis bisa merampungkan Buku Guru Matematika Kelas IX Sekolah Menengah Pertama Buku Guru Matematika SMP/ MTs Kelas IX (9) Kurikulum 2013 Revisi 2018
Buku Guru Matematika SMP/ MTs Kelas IX (9) Revisi 2018 Kurikulum 2013 

Buku Guru Matematika SMP/ MTs Kelas IX (9) Kurikulum 2013 Revisi 2018

Berikut ini kutipan teks dari Isi Buku Guru Matematika SMP/ MTs Kelas IX (9) Kurikulum 2013 Revisi 2018 :

Alhamdulillah, segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam. Berkat kuasa Allah SWT penulis bisa merampungkan Buku Guru Matematika Kelas IX SMP/MTs Kurikulum 2013 edisi revisi pertama ini. Buku ini disusun menurut Kurikulum 2013 yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah Republik Indonesia. Selain itu, buku ini juga ditulis dengan menyesuaikan bahan dan kompetensi berdasar standar internasional menyerupai PISA (Program for International Student Assessment) dan TIMSS (The International Mathematics and Science Survey).
Ibu dan Bapak guru yang terhormat, banyak problem pembelajaran matematika dan juga dalam dunia pendidikan pada umumnya yang kita hadapi di negari tercinta ini. Banyak hal yang harus kita lakukan bersama sebagai upaya mempersiapkan anak bangsa, generasi penerus bangsa. Salah satunya dengan membelajarkan siswa dengan impian supaya mereka berketuhanan, berperikemanusiaan, berpengetahuan, dan berketerampilan melalui pendidikan matematika. Tugas tersebut memang berat tetapi ini merupakan kiprah mulia, dan menuntut tanggung jawab yang besar. Ibu dan Bapak guru telah menentukan atau terpilih menjadi guru berarti yakni orang-orang mulia, hero bangsa. Ibu dan Bapak guru yakni orang yang berada di garda terdepan dan penentu utama yang bertindak sebagai pengembang kurikulum yang mengenal karakteristik siswa dengan baik. Kurikulum apapun namanya tidak akan sukses tanpa kiprah aktif guru. Sebagai orang yang berada di garda terdepan tentu Ibu dan Bapak guru akan diikuti dan dicontoh oleh yang ada di belakangnya yaitu belum dewasa didik kita bahkan masyarakat. Untuk itu, marilah berikan yang terbaik untuk belum dewasa didik kita. Semoga Allah SWT senantiasa memberi kekuatan dan memudahkan langkah Ibu dan Bapak guru dalam mengemban kiprah mulia tersebut.

Ibu dan Bapak Guru dalam membelajarkan buku ini sebisa mungkin menghindari pembelajaran dengan memperlihatkan semua pengetahuan secara pribadi atau dengan metode usang yaitu ceramah. Ibu dan Bapak Guru diminta mengajak, mengarahkan, dan memandu siswa secara aktif menggali pengetahuan, menemukan dan mengkontruksi suatu konsep dengan beraktivitas dan bernalar melalui kegiatan-kegiatan yang disajikan dalam buku ini. Pembelajaran matematika diarahkan supaya siswa bisa berpikir rasional, kritis dan kreatif, mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi pada ilmu pengetahuan, bisa berkomunikasi dan bekerjasama, jujur, konsisten, dan tangguh dalam menghadapi masalah. Untuk itu, pembelajaran dilakukan dengan pendekatan pembelajaran ilmiah (scientific) yang meliputi lima metode, yaitu (1) mengamati suatu objek, fenomena, kejadian, atau informasi lainnya; (2) menciptakan pertanyaan/menanya; (3) menggali/mengumpulkan informasi/mencoba; (4) menalar/mengasosiasi/menganalisa; dan (5) mengkomunikasikan.

Pembahasan bahan dalam buku ini selalu didahului dengan pengetahuan aktual yang dijumpai siswa dalam kehidupan sehari-hari. Permasalahan aktual tersebut dipergunakan sebagai jembatan untuk menuju ke dunia matematika abnormal melalui pemanfaatan simbol-simbol matematika yang sesuai melalui permodelan. Sesampainya pada ranah abstrak, metode-metode matematika diperkenalkan untuk merampungkan model permasalahan yang diperoleh dan mengembalikan kesannya pada ranah konkret. Sesuai dengan pendekatan yang dipergunakan dalam Kurikulum 2013, siswa dilatih untuk mencari informasi dari sumber mencar ilmu lain seluas-luasnya. Peran guru sangat penting untuk meningkatkan dan menyesuaikan daya serap siswa dengan ketersedian kegiatan pada buku ini. Guru sanggup memperkayanya dengan kreasi dalam bentuk kegiatan dan media mencar ilmu lain yang sesuai dan relevan yang bersumber dari lingkungan sosial dan alam.

Terkait dengan materi, dalam Kurikulum 2013 semenjak kelas VII telah diajarkan antara lain ihwal data dan peluang; pola dan barisan bilangan, aljabar, dan bangun; serta transformasi geometri. Keseimbangan antara matematika bilangan dan matematika pola dan berdiri selalu dijaga. Kompetensi pengetahuan bukan hanya memahami secara konseptual tetapi hingga ke penerapan melalui pengetahuan prosedural dalam pemecahan problem matematika termasuk dalam problem dalam kehidupan nyata. Kompetensi keterampilan berfikir juga diasah untuk sanggup memecahkan problem yang membutuhkan pemikiran order tinggi menyerupai menalar pemecahan problem melalui pemodelan, pembuktian dan perkiraan/pendekatan. Adapun kompetensi dasar yang berkenaan dengan perilaku spiritual dan perilaku sosial ditumbuhkan melalui pembelajaran tidak pribadi (indirect teaching), yaitu melalui pembelajaran kompetensi pengetahuan (KD pada KI-3) dan kompetensi keterampilan (KD pada KI-4), dan melalui adaptasi dan keteladanan.

Implementasi Kurikulum 2013 yang telah berjalan selama tiga tahun ini telah menerima jawaban yang positif dan masukan yang sangat berharga. Berbagai penilaian dan revisi juga dilakukan oleh Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah. Hal tersebut dipergunakan semaksimal mungkin, salah satunya dalam menyiapkan buku untuk menyempurnakan implementasi pada tahun pemikiran 2015/2016 dan seterusnya. Sebagai edisi revisi pertama, buku ini sangat terbuka dan perlu dilakukan perbaikan untuk penyempurnaan. Oleh sebab itu, kami mengundang para pembaca memperlihatkan kritik, saran dan masukan untuk perbaikan dan penyempurnaan pada edisi berikutnya. Kritik, saran, dan masukan sanggup disampaikan melalui email. Atas donasi tersebut, kami mengucapkan terima kasih. Mudah-mudahan kita sanggup memperlihatkan yang terbaik bagi kemajuan dunia pendidikan dalam rangka mempersiapkan generasi penerus yang lebih baik untuk Indonesia tercinta.

Adapun Daftar Isi dari Buku Guru Matematika SMP/ MTs Kelas IX (9) Kurikulum 2013 Revisi 2018 yakni sebagai berikut :

Bab I : Perpangkatan dan Bentuk Akar

Bab II : Persamaan dan Fungsi Kuadrat

Bab III : Transformasi

Bab IV : Kekongruenan dan Kesebangunan

Bab V : Bangun Ruang Sisi Lengkung

Download Buku Guru Matematika SMP/ MTs Kelas IX (9) Kurikulum 2013 Revisi 2018

Selengkapnya mengenai Isi Materi dan Kelengkapan Buku Guru Matematika SMP/ MTs Kelas IX (9) Kurikulum 2013 Revisi 2018 bisa dilihat dan Di Download/ Unduh melalui link dibawah ini :


Download File :
Buku Guru Matematika SMP/ MTs Kelas IX (9) Kurikulum 2013 Revisi 2018
Itulah kiranya membuatkan dan share file  Buku Guru Matematika SMP/ MTs Kelas IX (9) Kurikulum 2013 Revisi 2018 pada kesempatan kali ini, Semoga bermanfaat.
Advertisement

Iklan Sidebar